Berdarah Indonesia, Irfan Bachdim Pernah Alami Trauma Rasial di Belanda

0

Ditulis Pada

SEKOJA.CO.ID – Irfan Bachdim mengaku punya pengalaman buruk seputar diskriminasi rasial. Pengalaman itu dirasakan Irfan Bachdim ketika bermain di Belanda.

Pengalaman tidak menggenakkan itu dialami langsung oleh Irfan Bachdim yang memiliki darah Indonesia. Wajahnya yang mirip orang Asia kerap membuat Irfan Bachdim diejek hingga mendapat pelecehan verbal.

“Di Belanda juga kan banyak rasis. Waktu saya bermain di klub-klub amatir atau akademi Utrech, waktu saya bermain baik itu mereka mengeluarkan kata-kata jelek soal orang Asia atau orang asing,” kata Irfan Bachdim saat diwawancari oleh Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah di YouTube Hanif & Rendy Show.

Situasi itulah yang membuat Irfan Bachdim tak merasa seperti orang Belanda. Padahal, pemain kelahiran Amsterdam, 11 Agustus 1998, sejak kecil sudah memiliki paspor Belanda.

“Waktu saya bermain di Belanda saya tidak pernah merasa seperti orang Belanda. Saya selalu merasa orang yang datang dari sisi lainnya,” ucap Irfan Bachdim seperti dilansir dari Liputan6.com.

Pengalaman itulah yang membuat Irfan Bachdim tanpa mikir panjang memilih kewarganegaraan Indonesia. Irfan Bachdim mengaku bangga bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

“Jujur, kualitas saya juga tak cukup bagus untuk bermain di Timnas Belanda. Akan tetapi, saya bangga bermain untuk Timnas Indonesia karena saya orang Indonesia,” tegas Irfan Bachdim.(jin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini