Kebakaran Lahan di Desa Tenam Nyaris Membakar Permukiman Warga

0

Ditulis Pada

SEKOJA.CO.ID, Muarabulian- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah hukum Polres Batanghari. Kali ini, api berxrkobar membakar lahan di Desa Tenam, RT 03, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari dan hanya berjarak 50 meter dari permukiman warga.

Berdasarkan informasi di lapangan, kejadian kebakaran hutan dan lahan ini terjadi pada Kamis (4/3/2021) malam sekitar pukul 21.00 WIB.  Diduga, pembukaan lahan menjadi penyebab utama api melahap satu persatu pepohonan di desa tersebut.

Kepada Sekoja.co.id, salah seorang warga mengatakan kalau lokasi yang terbakar merupakan lahan bekas stacking dalam pembukaan untuk lahan perkebunan sawit.

“Jam 9 malam ini api mulai membesar. Disekitar lokasi yang terbakar kami temukan lubang  penaman bibit sawit.” ujar salah seorang warga sembari membantu petugas memadamkan api.

“Tetapi penyebab pasti kebakaran ini saya juga tidak tahu dengan pasti. Lagian itu bukan ranah saya yang menjelaskan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan,  dalam beberapa jam,  api yang tadinya mulai menjalar akhirnya dapat dijinakkan bersama-sama.

“Warga, Tim Manggala Agni, BPBD Batanghari, Anggota Polsek dan Koramil bahu membahu memadamkan api dibantu mobil tanki air BPBD,” sebutnya.

Dari pantauan, dalam penanganan pemadaman di lokasi kebakaran tersebut terlihat personel Tim Manggala Agni Doaps Sumatera X /Muara Bulian , BPBD Batanghari, Polsek Muara Bulian dan Koramil 04/Muara Bulian.

Hingga berita ini diturunkan,  belum diketahui secara pasti berapa luas lahan yang terbakar tersebut.

Karhutla yang terjadi di Desa Tenam RT 03 sekira 50 meter dari jalan raya dan pemukiman warga. (bhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini