Pengamat Yakin Al Haris Punya Jurus Jitu Atasi Masalah Angkutan Batu Bara

0

SEKOJA.CO.ID, Jambi – Permasalahan jalan angkutan batu bara terus saja menjadi dilema dan tak jarang menyulut konflik horizontal antara masyarakat dan pengusaha batu bara. Meskipun demikian, pengamat malah optimis masalah klasik ini bisa teratasi dalam waktu dekat oleh Gubernur Jambi Al Haris.

“Memang soal jalan angkutan batu bara ini merupakan PR bagi setiap pemimpin Provinsi Jambi. Tetapi, saya meyakini Gubernur Al Haris punya cara jitu mengatasinya.,” ujar pengamat politik Jambi dari UIN STS Jambi, Dr Dedek Kusnadi.

Menurut Dr Dedek, sudah seyogyanya masyarakat mendukung dan percaya terkait apapun langkah dan kebijakan Al Haris soal ruwetnya masalah angkutan batu bara ini. Kata Dr Dedek, dalam menelurkan kebijakan Al Haris telah berpegang teguh dan mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Ini suatu dilema. Namun, percayalah dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, persoalan ini Insya Allah akan selesai.” sebut Dr Dedek.

“Mari kita dukung kebijakan Gubenur Jambi dalam pembuatan draf Perda angkutan batu bara guna mengakomodir seluruh elemen terkait. Baik itu pemerintah, pengusaha, lingkungan dan masyarakat.” sebutnya lagi.

Dijelaskan dosen Pasca Sarjana UIN STS ini, Al Haris sudah menjelaskan hasil dari rapat koordinasi solusi permasalahan angkutan batu bara. Hasil penting yang tercetus adalah perihal jalur angkutan batu bara menggunakan jalur lintas silatan yg melewati jalur Bajubang- Tempino.

“Dari pengamatan saya, langkah itu sudah pas untuk waktu saat ini mengingat kepadatan jalur arus Mendalo -Muarabulian. Tentunya, kebijakan gubernur untuk saat ini amat tepat, hanya tinggal menunggu implementasinya saja.” kata Dr Dedek.

“Soal anggaran dan tekhnis lainnya kita serahkan kepada pak gubernur untuk mematangkannya bersama DPRD dan stake holeder terkait. Intinya beliau (Gubernur Al Haris) baru saja menjabat, berikan dia waktu untuk bekerja.” tandasnya.(jin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini