Sudah 17 Suku dan Tiga Etnis Terdaftar dalam FPK Jambi, Hendri : Keberagaman Harus Terjaga Baik

0

Ditulis Pada

SEKOJA.CO.ID, Jambi- Sudah 17 suku dan tiga etnis yang terdaftar dalam Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Jambi. Untuk itu ketua FPK Provinsi Jambi Hatta Arifin berharap agar masyarakat dan generasi muda saling bersinergi untuk menjadikan Jambi menjadi nyaman.

“Kami siap bersinergi dengan seluruh elemen di Provinsi Jambi, sepanjang itu positif untuk kemajuan dan merawat kebhinekaan serta persatuan,” kata Hatta Arifin kepada Sekoja.co.id kemarin.

Hatta bersyukur di Jambi tak pernah terdengar adanya kasus konflik bernuansa suku, agama, ras dan golongan. Meski begitu, potensi konflik wajib menjadi perhatian semua pihak. “FPK merupakan salah satu ujung tombak utama yang dibentuk pemerintah dalam merawat keberagaman di tengah masyarakat.
Karena itu, di Pilkada serentak mendatang, kita minta dilibatkan dalam pemantauan dan pengawasan agar terhindar dari setuhan konflik,” katanya lagi.

Terpisah, Hendri Hutabarat dari perwakilan rembuk batak se Provinsi Jambi menyambut baik terbentuknya FPK di Provinsi Jambi. Keberadaan FPK diakui pemerintah pusat. Karena terbentuknya berdasarkan peraturan menteri dalam negeri.

“Sehingga semua suku dan etnis di Jambi harus mendukung FPK. Sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam Permendagri Nomor 34 Tahun 2006, bahwa penyelenggaraan pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Dalam pemerintahan daerah, sambungnya, FPK bisa dilibatkan dalam merumuskan rekomendasi kepada Gubernur sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan. Hal ini sesuai yang tertera dalam permendagri Nomor 34 Tahun 2006.

“Makanya keberadaan FPK sangat penting. Ya itu tadi menyuarakan semua suku dan etnis,” ujar notulen FPK Provinsi Jambi ini.

Pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Jambi, juga disinggung Hendri. Perbedaan pilihan politik, katanya, tak mesti megusik keberagaman yang telah lama hadir, terjaga dan terawat.

“Jangan karena beda pilihan, keberagaman yang selama ini telah kita rawat bersama menjadi terganggu,” tutupnya.( dar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini